Asal Nama Aceh Tamiang dan Pengenalan Metode Tsaqifa disana
Published on: 05/18/2019

Kabupaten Aceh Tamiang (Melayu Jawi: كابوڤاتين اچيه تميانڠ) adalah salah satu kabupaten di provinsi Aceh, Indonesia. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Timur dan terletak di perbatasan Aceh-Sumatra Utara.  Kabupaten ini berada di jalur timur Sumatra yang strategis dan hanya berjarak lebih kurang 250 km dari Kota Medan sehingga akses serta harga barang di kawasan ini relatif lebih murah daripada daerah Aceh lainnya.
Kerajaan Tamiang pernah mencapai puncak kejayaannya dibawah pimpinan seorang Raja Muda Setia yang memerintah selama tahun 1330 - 1366 M

9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur’an
Published on: 10/12/2018
kafilahalquran.com Resensi Buku -- Sebagai seorang muslim, menghafal Al Qur’an dan mengamalkannya adalah impian hidup kita. Tapi, kita sering beralasan hingga saat ini kita tak kunjung berusaha untuk menghafal Al Qur’an. 


Buku yang ditulis oleh Majdi Ubaid Al Hafidz, seorang praktisi, seorang hafidz, dan sangat berpengalaman dalam memberikan training atau pelatihan tentang metode meghafal ini menggabungkan beberapa teknik menghafal kuno dengan teknik pembelajaran modern berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pakar memori dunia Tony Buzan.
 
Mengapa kita sulit menghafal ?
Banyaknya alasan yang  menyebabkan kesulitan menghafal hanyalah persoalan sepele, karena alasan-alasan tersebut bukan menjadi sebab utama kita tidak menghafal Al-Qur’an. Sebab, sebenarnya kita sulit dan malas menghafal hanya ada satu kata, yaitu IBLIS.
 
Iblis dengan segala tipu dayanya telah berhasil menjauhkan kita dan orang-orang beriman dari Al-Qur’an. Setiap kali kita membuka mushaf, Iblis mengngatkan kita dengan keluarga, dengan istri, dengan suami, dengan gaji, dengan hutang dan pekerjaan.
 
Meskipun kita dan orang beriman membacanya, kita pun tidak memahaminya. Dan jika kita tidak memahaminya, kita tidak merenunginya.



Hasil penelitian tentang otak dan memori menunjukkan bahwa manusia dengan segala kesempurnaannya memiliki sumber daya yang mendukung untuk menghafal Al-Qur’an.
Allah SWT berfirman :
7 Cara Membaca Al-Qur'an
Published on: 10/12/2018
Seringkali admin mendapat pertanyaan, "Bagaimana sih agar bisa bersuara merdu saat membaca Alquran?". Untuk menjawab hal ini kami akan memberikan contoh nyata yang dialami oleh seorang pelajar yang bernama Muchtar Nashir.

Lahir dan besar di lingkungan pembaca Alquran, Muchtar Nashir telah mengenal suara lantunan ayat-ayat suci Alquran sejak kecil. Dirinya pun mendapatkan tempaan dari orangtuanya sejak Muchtar Nashir masih berusia 3 tahun.

Memperoleh kepiawaian bersuara merdu saat melantunkan Alquran, Muchtar Nashir mengaku awalnya senang dengan suara kakaknya saat membaca Alquran, "Kakak saya, apabila melantunkan ayat-ayat Alquran sangat merdu dan indah. Saya menjadi senang karenanya ..." Semenjak itu, Muchtar Nashir mulai menjalankan cara-cara belajar membaca Alquran bersuara merdu.

Berikut ini Cara Belajar Membaca Alquran Bersuara Merdu a la Muchtar Nashir.
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Published on: 03/09/2016